Bambang Hermanto Bantu 1.511 Warga Indramayu Mendapatkan Listrik Gratis

Selasa 17-09-2024,19:04 WIB
Reporter : Burhannudin
Editor : Leni Indarti Hasyim

RADARINDRAMAYU.ID - Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) 2024 telah memberikan kontribusi signifikan bagi masyarakat tidak mampu di Provinsi Jawa Barat, dengan total 21.052 rumah tangga yang menerima bantuan. Di Kabupaten Indramayu, sebanyak 1.511 rumah tangga di 18 kecamatan kini menikmati akses listrik gratis berkat inisiatif ini. 

Program tersebut diresmikan pada 17 September 2024 di Desa Pagirikan, Kecamatan Pasekan, oleh Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM.

Program BPBL ini merupakan hasil aspirasi Bambang Hermanto, anggota DPR RI Komisi VII yang juga calon Bupati Indramayu dalam Pilkada 2024. 

Dalam acara peresmian, Bambang Hermanto menekankan pentingnya akses listrik untuk masyarakat sebagai langkah konkret dalam memerangi ketertinggalan infrastruktur di daerah Kabupaten Indramayu. 

"Kehadiran saya sebagai anggota DPR RI bukan sekadar simbol, tetapi untuk memastikan tidak ada lagi warga Indramayu yang hidup tanpa akses listrik," tegas Bambang kepada Radar Indramayu (17/9/2024). 

BACA JUGA:Terungkap di Sidang DPR, Ini Asal Usul Leluhur Mees Hilgers di Indonesia, Ada Darah Jakarta - Ambon

Program ini menargetkan warga kurang mampu dengan memberikan fasilitas instalasi listrik 900 VA secara gratis. 

Selain itu, untuk menjamin keselamatan ketenagalistrikan, pemerintah juga menyediakan Sertifikat Laik Operasi (SLO) dalam paket BPBL. 

Manager PLN UP3 Indramayu, Yusrizal, menyatakan bahwa peresmian ini adalah hasil kerjasama yang erat antara Komisi VII DPR RI dan Kementerian ESDM.

"Penerima bantuan di Indramayu hanya perlu melampirkan surat keterangan tidak mampu dari kelurahan atau desa sebagai syarat utama, mempermudah proses bantuan bagi mereka yang benar-benar membutuhkan. Program ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang luas bagi kehidupan masyarakat setempat," ungkap Yusril. 

Turut hadir beberapa tamu undangan; Husni Safruddin, Koordinator Evaluasi Pembangunan Infrastruktur Penyediaan Tenaga Listrik Ditjen Ketenagalistrikan KESDM, Pandu Satria Jati Koordinator Humas dan Layanan Informasi Publik, Bonar Hutapea, Senior Specialist Manajemen Niaga PT PLN (persero), Hendra Manager Sub Bidang Strategi Pemasarana (mewakili GM Jabar) PT PLN (Persero), dan Endang Ismiati Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Indramayu. 

 

Kategori :