Banyak Pemain Bintang Asal Belanda Lebih Pilih Timnas Indonesia Ketimbang Belanda, Buat Media Belanda Heran

Selasa 17-09-2024,13:48 WIB
Reporter : Farhan
Editor : Farhan

RADARINDRAMAYU.ID - Dalam beberapa tahun terakhir, banyak pemain keturunan Belanda yang memilih untuk bergabung dengan Timnas Indonesia menjadi sorotan sejumlah media lokal di Belanda.

Hal ini dipicu oleh upaya gencar Indonesia dalam melakukan naturalisasi pemain, khususnya keturunan Belanda, untuk memperkuat tim nasional. Langkah ini menarik perhatian berbagai media Belanda yang mempertanyakan fenomena tersebut.

Salah satu media yang terkejut dengan situasi ini adalah De Stentor media asal Belanda, yang merasa heran karena melihat banyak pemain bintang asal Belanda yang lebih pilih Timnas Indonesia, khususnya untuk bermain di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Dalam laporan mereka, disebutkan bahwa ada setidaknya 11 pemain naturalisasi yang dipanggil pelatih Shin Tae-yong untuk menghadapi tim-tim kuat seperti Arab Saudi dan Australia.

BACA JUGA:Sudah Diincar PSSI dari 2020, Akhirnya Naturalisasi Mees Hilgers Segera Jadi Kenyataan di Tahun 2024!

Uniknya, semua pemain naturalisasi yang dipanggil tersebut memiliki latar belakang keturunan Belanda.

Media tersebut juga menyoroti bagaimana para pemain berbakat yang lahir di Belanda, seperti Thom Haye, memilih untuk melepas paspor Belanda dan membela Timnas Indonesia.

Mereka heran mengapa pemain dengan kemampuan di atas rata-rata seperti Mees Hilgers dan Thom Haye tidak menunggu kesempatan dipanggil tim nasional Belanda, De Oranje, tetapi justru memilih bermain untuk negara lain.

De Stentor dalam artikelnya bahkan menuliskan, “Bagaimana bisa sepuluh pemain berpaspor Belanda bermain untuk Timnas Indonesia? Mengapa pemain berbakat seperti Mees Hilgers dan Thom Haye tidak menunggu panggilan dari tim nasional Belanda?”

BACA JUGA:Indonesia Tangguh! Justin Hubner Ungkap Bek Lokal Indonesia, Rizky Ridho Jadi Kunci Ketangguhan Lini Belakang

Tidak mengherankan jika media Belanda merespons fenomena ini dengan kebingungan. Pasalnya hingga saat ini sudah ada 11 pemain keturunan Belanda yang secara resmi memperkuat Timnas Indonesia.

Nama-nama seperti Sandy Walsh, Ivar Jenner, Justin Hubner, Rafael Struick, Jay Idzes, Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, Nathan Tjoe-A-On, Calvin Verdonk, Jens Raven, dan Maarten Paes kini menjadi bagian dari tim nasional Indonesia.

Meski sudah memiliki banyak pemain naturalisasi PSSI belum menunjukkan tanda-tanda berhenti dalam mendatangkan pemain berkualitas dari Belanda.

Saat ini, dua pemain keturunan Belanda lainnya yaitu Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, sedang dalam proses naturalisasi yang hampir selesai.

BACA JUGA:Ketua Umum PSSI Targetkan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Bisa Turun Saat Melawan Bahrain

Kehadiran mereka diharapkan bisa semakin memperkuat Timnas Indonesia khususnya dalam upaya mewujudkan mimpi tampil di Piala Dunia 2026.

Dengan semakin banyaknya pemain keturunan Belanda yang memperkuat Timnas Indonesia, skuad Garuda kini memiliki level permainan yang semakin kompetitif.

Ini terbukti dalam penampilan mereka di dua pertandingan awal putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, di mana Timnas Indonesia berhasil menahan imbang dua raksasa sepak bola Asia, Arab Saudi dan Australia.

Kedepannya Timnas Indonesia masih memiliki peluang besar untuk meraih poin penuh ketika menghadapi Bahrain dan China pada bulan Oktober mendatang.

BACA JUGA:GOKIL! Striker Keturunan Asal Eropa, Buat STY Full Senyum Tampil Makin Gemilang Hingga Cetak Brace di Belanda

Pada pertandingan-pertandingan penting tersebut, Shin Tae-yong diperkirakan akan mengandalkan tambahan kekuatan dari dua pemain keturunan Belanda yaitu Mees Hilgers dan Eliano Reijnders yang proses naturalisasinya diperkirakan rampung sebelum matchday ketiga putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Proses naturalisasi kedua pemain ini sudah memasuki tahap akhir, dengan persetujuan dari presiden, sebagaimana yang disampaikan oleh Ketua PSSI Erick Thohir.

Kategori :