Jurnalis Belanda Blak-Blakan Sebut Ada 5 Pemain Calon Naturalisasi Lagi Bagi Indonesia

Minggu 15-09-2024,09:00 WIB
Reporter : Farhan
Editor : Farhan

RADARINDRAMAYU.ID - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menegaskan keseriusan pemerintah Indonesia dalam memperkuat Tim Nasional dengan menambah amunisi melalui pemain naturalisasi.

Setelah menyaksikan laga Indonesia melawan Australia di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) pada Selasa (10/9), Erick mengumumkan bahwa Presiden Joko Widodo dijadwalkan menandatangani surat permohonan naturalisasi untuk dua pemain Belanda keturunan Indonesia, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, pada Rabu (11/9).

Pengumuman ini menjadi babak baru dalam proses naturalisasi kedua pemain tersebut, yang sudah dimulai beberapa waktu lalu.

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, keduanya memiliki darah Indonesia, saat ini sedang menjalani proses perubahan kewarganegaraan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

BACA JUGA:Profil Pascal Struijk, Pemain Bek Leeds United yang Diisukan Akan Gabung Skuad Garuda

Langkah ini diambil agar mereka dapat memperkuat Timnas Indonesia, khususnya dalam menghadapi Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang semakin dekat.

Berbicara dalam sebuah podcast di VoetbalPrimeur, jurnalis Belanda Dennie van Laar mengungkap ada 5 pemain calon naturalisasi lagi bagi Indonesia, beberapa nama pemain keturunan yang potensial dinaturalisasi untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Dalam perbincangan tersebut, Van Laar berbincang dengan Mauro Zijlstra, pemain keturunan Indonesia yang juga sedang dalam proses naturalisasi.

“Selamat menjalani proses naturalisasi,” kata Van Laar kepada Zijlstra, seraya mengonfirmasi bahwa Zijlstra telah memulai pengurusan dokumen yang diperlukan.

BACA JUGA:Hadapi Laga Kandang Berturut-Turut, Persib Bandung Himbau Bobotoh Jaga Ketertiban Pertandingan dan Kota Bandun

Van Laar kemudian mengungkapkan, "Jika semua berjalan lancar, Mauro Zijlstra bisa menjadi salah satu pemain naturalisasi yang diharapkan memperkuat Timnas Indonesia.

" Sosok Zijlstra memang dinilai cocok dengan kebutuhan Shin Tae-yong yang sedang mencari striker baru untuk Timnas.

Tak hanya berbicara soal Zijlstra, Van Laar juga menyebut beberapa pemain keturunan lainnya yang berpotensi memperkuat Timnas Indonesia.

Salah satu yang disebut adalah Jairo Riedewald, pemain yang saat ini menunjukkan perkembangan positif dalam proses naturalisasinya.

BACA JUGA:Persib Bandung akan Hadapi PSIS Semarang di Stadion Si Jalak Harupat Besok! Siapa yang Akan Menang?

"Ada beberapa pemain lain yang mungkin bergabung dengan Timnas Indonesia selain Anda, Mauro. Saya tahu Jairo Riedewald sedang dalam proses, dan sekarang situasinya semakin positif. Sepertinya, Jairo akan menjadi pemain Indonesia,” ungkap Van Laar dalam podcastnya pada Sabtu (14/9/2024).

Selain Jairo, Van Laar juga menyebut nama Ole Romeny dan Kevin Diks, dua pemain yang telah sering dikaitkan dengan Timnas Indonesia, meski belum ada perkembangan signifikan.

"Ole Romeny, yang pernah berbincang juga di acara ini, sedang dalam proses. Lalu Kevin Diks juga ikut, walaupun dia masih mempertimbangkannya," jelas Van Laar.

Yang menarik, Van Laar mengungkap satu nama pemain keturunan yang jarang dibicarakan, yakni Pascal Struijk. “Ada satu pemain yang jarang dibicarakan, yakni Pascal Struijk. Dia bisa membela Timnas Indonesia. Pascal adalah pemain hebat, luar biasa,” tuturnya.

BACA JUGA:Peter F Gontha Tuduh Pemain Naturalisasi Punya Paspor Ganda, Pidato Jay Idzes Ini Jawabannya: Kami Bermain...

Selain itu, Van Laar juga menyebut dua nama lain, Delano Ladan dan Navarone Foor. Menurutnya, masih ada banyak pemain keturunan Indonesia yang potensial memperkuat Timnas. "Kalian masih punya Delano Ladan, Navarone Foor, dan beberapa pemain lain yang saya yakin bisa memberikan dampak luar biasa untuk Timnas Indonesia,” tambahnya.
 

Kategori :