2 Negara Langganan Piala Dunia, Ditahan Imbang Indonesia, Ranking FIFA Melejit Salip Malaysia 

Rabu 11-09-2024,06:14 WIB
Reporter : Rafly W
Editor : Rafly W

RADARINDRAMAYU.ID - 2 negara langganan Piala Dunia, berhasil ditahan imbang oleh tim nasional sepak bola Indonesia, ranking FIFA auto melejit hingga salip ranking Malaysia. 

Harimau malaya dan Garuda belakangan ini sedang salip menyalip ranking, namun setelah hasil imbang di World Cup Qualifiers 2026, mengukuhkan merah putih lebih tinggi daripada negeri jiran. 

Pertama, saat imbang 1-1 melawan Arab Saudi, anak asuh Shin Tae-yong langsung naik peringkat, lalu saat menahan imbang Australia 0-0, hal serupa juga terjadi.

Walaupun hasil imbang hanya membuahkan 1 poin buat Indonesia, setidaknya ranking FIFA Timnas selalu naik, bahkan bisa sesuai target masuk ke-100 besar.

BACA JUGA:Kedatangan Bek Rp121,67 Miliar Rupanya Belum Memuaskan Shin Tae-yong: 'Saya Butuh Seorang Striker'

Saat melawan Arab Saudi pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, pada 5 September lalu, pasukan Shin Tae-yong berhasil unggul lebih dulu via gol Ragnar Oratmangoen.

Setelah unggul 1 gol, anak asuh Roberto Mancini kemudian menyamakan kedudukan, skor 1-1 imbang bertahan hingga akhir laga. 

Saat itu, ranking FIFA Indonesia baru 133, namun setelah hasil imbang menahan Elang Hijau, semuanya jadi melejit ke posisi 131.

Seolah tak mau kalah, Malaysia yang tadinya berada di bawah Indonesia, mencoba ingin menyalip kembali dengan unggul duluan di atas ranking FIFA. 

BACA JUGA:Rangking FIFA Timnas Indonesia Langsung Meroket Posisi Ke-130, Hasil Imbangi 2 Negara Langganan Piala Dunia

Harimau malaya menggelar turnamen mini yang bertajuk Pestabola Merdeka, ternyata turnamen buatan tersebut punya pengaruh dalam kenaikan ranking di FIFA.

Setelah menang melawan Filipina, Malaysia yang diasuh oleh pelatih baru Pau Marti langsung maju ke babak final melawan Lebanon.

Tim jiran yang dilatih oleh juru taktik asal Spanyol ini akhirnya berhasil memenangkan kompetisi buatan mereka dengan skor tipis 1-0, hingga akhirnya meraih trofi atas turnamen Pestabola Merdeka. 

Tak disangka, rupanya turnamen mini tersebut mampu mengantarkan Malaysia naik ke posisi ke-130 dan menyalip Indonesia yang persis ada di bawahnya.

BACA JUGA:Setelah Arab Saudi, Timnas Indonesia Imbangi Australia di Round 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kategori :