Aksi Damai, Ratusan Kader PMII Tagih Janji Dewan Baru

Selasa 10-09-2024,00:28 WIB
Reporter : Burhannudin
Editor : Leni indarti hasyim

RADARINDRAMAYU.ID – Puluhan mahasiswa organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Indramayu, menggelar aksi di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indramayu, Senin (9/9/2024). Aksi ini merupakan bentuk tuntutan kepada anggota DPRD yang baru terpilih, agar kiranya segera menepati janji-janji kampanye mereka.

Ketua Pengurus Cabang (PC) PMII Indramayu, Budi Hendrawan, menegaskan bahwa aksi damai ini mengingatkan wakil rakyat untuk tidak hanya berfokus pada retorika politik, tetapi juga untuk bekerja nyata demi masyarakat. 

Menurut Budi, banyak janji saat kampanye, seperti peningkatan kesejahteraan, penyelesaian masalah lingkungan, dan pembangunan infrastruktur, yang dilontarkan dari mulut para anggota DPRD Kabupaten Indramayu, yang harus direalisasikan. 

“Kami hanya ingin mengingatkan anggota dewan tentang tanggung jawab mereka. DPRD baru harus menunjukkan kinerja sejak awal. Kami akan terus mengawal hingga janji-janji itu terealisasi,” ujar Budi Hendrawan.

BACA JUGA:3 Alasan Mengapa Timnas Australia Lebih Hebat dari Timnas Indonesia Selama Bertahun-tahun

Tuntutan utama aksi meliputi: Pertama, mendorong DPRD untuk membentuk sistem pengawasan yang ketat guna mencegah korupsi, memastikan transparansi anggaran, dan laporan keuangan yang jelas. Kedua, menuntut DPRD untuk segera menepati janji politik saat kampanye.

Ketiga, meminta audit dan evaluasi anggaran pendidikan agar dana tepat sasaran. Keempat, mengajak DPRD untuk membuka ruang partisipasi publik dalam pembuatan kebijakan.

Kelima, mendesak agar setiap peraturan yang ditetapkan diimplementasikan tanpa pengecualian. Keenam, menuntut dukungan finansial dan teknis bagi petani terdampak kekeringan air.

Dan yang terakhir, mengajak DPRD untuk mengkaji dan mereformasi prosedur penerapan peraturan daerah berdasarkan kajian PC PMII.

BACA JUGA:Inilah Rekor Pertemuan Timnas Indonesia vs Australia: Socceroos Mendominasi!

Aksi ini diakhiri dengan penyerahan surat tuntutan resmi kepada pimpinan DPRD, yang diterima salah satu anggota dewan. Anggota DPRD tersebut menyatakan komitmennya untuk menindaklanjuti tuntutan ini.

PC PMII Indramayu menegaskan bahwa mereka akan terus memantau dan memastikan janji-janji dewan tidak hanya sekadar pemanis kampanye. 

Kategori :