Josh Brownhill, Calon Pemain Naturalisasi Timnas Malaysia Ternyata Memiliki Harga Segini! Mees Hilgers Lewat?

Senin 09-09-2024,13:56 WIB
Reporter : Fathah
Editor : Fathah

RADARINDRAMAYU.COM - Josh Brownhill, pemain kunci sekaligus kapten Burnley FC, tengah menjadi perbincangan hangat di kalangan pecinta sepak bola Asia Tenggara.

Kabar tentang kemungkinan dirinya dinaturalisasi oleh Timnas Malaysia semakin menguat setelah netizen Negeri Jiran mendorong Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) untuk mencari pemain naturalisasi yang dapat memperkuat skuad Harimau Malaya.

Lahir di Warrington, Inggris, pada 19 Desember 1995, Josh Brownhill ternyata memiliki garis keturunan Malaysia dari neneknya.

Hal ini diungkapkan oleh Brownhill sendiri melalui interaksinya dengan Future Talents Malaysia. Ia menyatakan kebanggaannya atas darah Malaysia yang dimilikinya dan membuka peluang untuk membela Timnas Malaysia di level internasional.

BACA JUGA:Tak Mau Kalah dari Indonesia, Malaysia Siap Keluarkan Banyak Uang untuk Naturalisasi Pemain Termahal di ASEAN

"Saya bisa mengonfirmasi bahwa saya memang mempunyai akar Malaysia melalui nenek saya. Ini adalah sesuatu yang sangat saya banggakan. Meskipun saat ini fokus saya pada karier klub, kemungkinan untuk mewakili Malaysia adalah sesuatu yang terbuka untuk saya pertimbangkan," ungkap Brownhill.

Meskipun belum pernah dipanggil untuk memperkuat Timnas Inggris di level mana pun, karier Josh Brownhill di level klub terbilang impresif.

Mengawali karier di akademi Manchester United pada 2012, ia kemudian pindah ke Preston North End U18. Tak butuh waktu lama bagi Brownhill untuk naik ke tim senior, di mana ia bermain dari 2013 hingga 2016.

Setelah sempat dipinjamkan ke Barnsley FC, Brownhill bergabung dengan Bristol City pada 2016 dengan status bebas transfer.

BACA JUGA:Juara Turnamen Merdeka Cup 2024, Peringkat FIFA Timnas Malaysia Diprediksi Akan Meningkat, Kalahkah Indonesia?

Selama empat musim bersama Bristol City, ia tampil dalam 161 pertandingan, mencetak 17 gol dan 12 assist.

Penampilan cemerlangnya menarik minat Burnley FC, yang merekrutnya pada Januari 2020.

Di Burnley, Brownhill menjadi sosok tak tergantikan. Hingga kini, ia telah mencatat 172 penampilan dengan kontribusi 16 gol dan 17 assist.

Ia juga berperan penting dalam membawa Burnley menjuarai Championship 2022/2023 dan promosi ke English Premier League (EPL) musim 2023/2024.

BACA JUGA:Jelang Pertandingan Indonesia vs Australia Besok, Erick Thohir Bersama Jajaran Anggota PSSI Cek Kondisi SUGBK

Kategori :