Keberangkatan Kloter Pertama, Calhaj Langsung Naik Pesawat

Senin 13-05-2024,11:00 WIB
Reporter : Anang Syahroni
Editor : Leni indarti hasyim

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID – Kloter pertama calon jamaah haji (calhaj) asal Indonesia akan berangkat ke tanah suci dimulai Minggu, 12 Mei 2024. Seperti halnya di Asrama Haji Indramayu, kloter pertama calhaj tahun 1445 H atau 2024 M dimulai dari daerah Kabupaten Subang.

Sebanyak 440 calhaj tiba di Asrama Haji sejak Sabtu (11/5) pagi, dan melakukan penerbangan dari BIJB Kertajati, Kabupaten Majalengka, Minggu (12/5).

Musim haji tahun ini, di Asrama Haji Indramayu berbeda dari tahun sebelumnya. Pasalnya, jamaah saat memasuki wilayah Asrama Haji sudah dianggap masuk area bandara yang harus steril dari pengunjung. Kegiatan clearing atau pemeriksaan barang bawaan mereka juga dilakukan di Asrama Haji Indramayu.

"Pemeriksaan barang bawaan tentengan dan kabin dilakukan di sini (Asrama Haji, red), kalau bawaan bagasi langsung di Badara Kertajati," ucap Ketua Tim Peningkatan Kualitas Transportasi dan Akomodasi Perlengkapan Haji serta Koordinator Asrama Haji,  Boy S Munir.

BACA JUGA:PKS Usung H Rizqi Amali Rosyadi Bakal Calon Wakil Bupati Indramayu

Disampaikan Boy, Asrama Haji Indramayu melayani calhaj dari kloter 1 sampai 30 yang dimulai take-off tanggal 12 Mei 2024 hingga 10 Juni 2024. Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kemenag di Asrama Haji Indramayu menerapkan one stop service (OSS).

Hal itu dilakukan saat jamaah tiba di Asrama Haji Indramayu dilakukan cek kesehatan. Setiap jamaah ada barcode tentang kesehatannya. Ketika barcode tersebut diklik, jamaah bisa mengetahui terkait kondisi kesehatan mereka. Setelah itu dilanjut pembagian akomodasi.

Dia juga menjelaskan ada beberapa perbedaan yang diterapkan di Asrama Haji Indramayu antara tahun ini dan sebelumnya. Seperti pada clearing di embarkasi, sekarang jamaah keberangkatan itu sudah masuk pintu udara. Ketika keberangkatan, bus dari asrama haji langsung disegel. Bus langsung masuk area bandara dan berhenti di depan pesawat. Kemudian jamaah langsung naik tangga dan masuk pesawat.

"Istilahnya kalau bandara itu dari sisi kanan laut, depan pesawat langsung naik tangga. Untuk jamaah naik kursi roda masuk lagi nanti naik lift. Itu untuk mempercepat proses penerbangan. Jadi, di bandara membutuhkan waktu 3 jam dengan imigrasi, tapi kalau dilakukan di sini hanya 2 jam. Insya Allah jamaah tidak kelelahan," paparnya.

BACA JUGA:Ashab PSSI Indramayu Siap Gelar Kejuaraan Sepak Bola Rebutkan Piala Bupati Cup 2024

Selain itu, di tahun ini Asrama Haji Indramayu akan menampung lebih banyak jamaah calon haji. Tidak saja dari daerah Ciayumajakuning, Subang, dan Sumedang, namun ditambah dua daerah lagi yaitu Kabupaten dan Kota Bandung.

Sehingga Asrama Haji Indramayu bisa menampung jamaah selama musim haji sampai 30 kloter, sebanyak 13.070 jamaah. Sedangkan pada tahun lalu sebanyak 8.700 jamaah.

"Untuk jamaah lansia sekitar 35 persen. Ini menurun dibandingkan tahun lalu, sekitar 40 persen. Tahun kemarin juga satu kloter ada 367, sekarang menjadi 440 orang. Dalam satu kloter tahun ini masih menggunakan dua tower. Tower 3 masih dalam proses pembangunan. Insya Allah jika tahun depan tower 3 sudah selesai, di Asrama Haji Indramayu bisa dua kloter dalam sehari, dan ada penambahan jamaah calon haji dari Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi," kata Boy.

Adapun fasilitas layanan untuk para jamaah calon haji PPIH di Asrama Haji Indramayu, jamaah haji memeroleh makan selama 3 kali dengan snack 2 kali. Jamaah juga beristirahat 24 jam sebelum melakukan penerbangan pada esok hari. Untuk kamar sendiri saat ini telah tersedia 110 kamar. Satu kamar di isi 4 calon jamaah haji.

BACA JUGA:Polresta Cirebon Tangkap 2 Pelaku, Ternyata Sempat Ajak Makan Siang sebelum Eksekusi Indah Fitriyani

Sedangkan untuk pemenuhan kebutuhan air, telah menjalin kerja sama dengan DPAM. Dalam satu hari itu melakukan pengisian air sebanyak 26 rit dengan kapasitas air sebanyak 104 meter kubik yang dapat memenuhi  kebutuhan setiap harinya 500 orang. Sehingga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air para jamaah dan panitia. (oni)

Kategori :