RADARINDRAMAYU.ID - Jika menggunakan sepeda motor untuk menemani aktivitas sehari-hari wajib untuk selalu melakukan servis secara berkala untuk memastikan sepeda motor tetap dalam kondisi prima. Bagi pemilik kendaraan sepeda motor Honda perawatan dapat dilakukan di bengkel resmi atau Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).
Pemeriksaan di bengkel AHASS dilakukan oleh mekanik secara menyeluruh. Saat melakukan servis berkala di bengkel AHASS, mekanik bisa memberitahu pengguna sepeda motor jika ada bagian yang perlu disetel ulang atau penggantian komponen sehingga memberi kenyaman dan keamanan bagi konsumennya.
Sepanjang tahun 2022, PT Daya Adicipta Motora (DAM) selaku Main Dealer dan Suku Cadang Honda di Jawa Barat berhasil mencatatkan layanan purna jual lebih dari 6,6 Juta unit sepeda motor Honda yang melakukan perawatan di bengkel resmi Honda atau AHASS. Di Indonesia, trend penggunaan motor matik memang sudah massif. Sayangnya, banyak masyarakat hanya bisa untuk mengendarai motor saja, tetapi kurang memperhatikan perawatan motornya.
Perlu diketahui, jasa perawatan sepeda motor Honda tipe matik dengan kategori paket lengkap berkisar antara harga Rp 80.000 - 160.000,-, dan kategori paket ringan antara harga Rp 35.000 - 75.000,- . Harga jasa tersebut adalah range harga jasa servis di Jawa Barat.
BACA JUGA:Posyandu Teratai I Juarai Lomba Posyandu Tingkat Kecamatan Sukagumiwang
BACA JUGA:Harga Rajungan Membaik, Tapi Sayang Hasil Tangkapan Menurun
Service Network Development Department Head DAM, Wido Widiantiko mengatakan, harga jasa perawatan sepeda motor Honda di bengkel AHASS bervariasi berdasarkan segmen motor matik low, mid, dan high. Sementara untuk servis berat, harga akan dihitung berdasarkan tingkat kerusakan dan perbaikan komponen motor serta penggantian sparepart.
“Jika melakukan servis di AHASS, konsumen wajib melakukan persetujuan harga servis berdasarkan form Service Advisor (SA) atau form Pra Work Order (WO) yang dijelaskan oleh SA pada saat pendaftaran di awal, dan konsumen diminta mengetahui serta menyetujui biaya perawatan sepeda motor yang sudah dijelaskan pada form tersebut,” ujar Wido.
Konsumen juga dapat memanfaatkan berbagai layanan lainnya, seperti PIT Express, Honda Care, Service Visit, dan Booking Service. Honda Care (Customer Assistance Road Emergency) yaitu fasilitas layanan darurat atau mogok ketika di jalan raya yang tersedia di 10 AHASS di kota Bogor, Bandung, Depok, Karawang, Sumedang, Majalengka, Bekasi. Konsumen hanya tinggal menelpon ke 1500 989 nantinya pihak bengkel atau AHASS akan datang ke lokasi.
Sementara PIT Express adalah layanan dengan antrian khusus bagi konsumen yang memerlukan pergantian part tertentu atau hanya melakukan pergantian oli, sedangkan Service Visit adalah layanan servis untuk memudahkan konsumen jika ingin melakukan servis di rumah maupun kantor. Sedangkan untuk Booking Service, dapat menggunakan aplikasi Daya Auto yang bisa di download melalui Google Play Store dan iOS. Aplikasi Daya Auto memberikan kemudahan konsumen dalam melakukan booking servis tanpa antri melalui fitur booking service.
Di AHASS juga memberikan fasilitas ruang tunggu yang nyaman, gratis minuman/ snack, gratis Wifi, yang bertujuan untuk memberikan rasa nyaman saat menunggu servis motor Honda kesayangan.
BACA JUGA:Produksi Terkendala Cuaca, Harga Garam Masih Tinggi, Rp5000 Sekilo
BACA JUGA:Caskam Tersengat Listrik Saat Tebang Pohon Mangga, Begini Kondisinya