Disdikbud Indramayu Bakal Larang Siswa Bawa Lato-lato ke Sekolah

Kamis 12-01-2023,10:30 WIB
Reporter : Utoyo Prie Achdi
Editor : Utoyo Prie Achdi

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID –Maraknya permainan lato-lato belakangan ini memang banyak diperbincangkan. Apalagi di sejumlah tempat ternyata banyak juga yang terkena dampak negatif lato-lato.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Indramayu , Baman SPd, juga mengkhawatirkan dampak negatif permainan lato-lato jika dibawa ke sekolah.

Untuk itulah , kata Baman, Disdikbud   Kabupaten Indramayu berencana mengeluarkan surat edaran untuk melarang siswa membawa lato-lato ke sekolah.

Meskipun surat edaran itu masih disiapkan, namun sejumlah sekolah di Kabupaten Indramayu dikabarkan sudah berinisiatif mengamankan lato-lato dari siswa.

BACA JUGA:Jadwal SIM Keliling Hari Ini Ada di Pasar Kertasmaya 

BACA JUGA:Istilah Sunnah Rasul Saat Malam Jum’at Perlu Diluruskan. Berikut Penjelasannya !

Baman mengatakan, sejumlah kepala sekolah dan guru berinisiatif melakukan razia dan menyita lato-lato dari siswa pada hari pertama masuk sekolah, Senin , 9 Januari 2023 lalu .

Jika dikumpulkan, menurut Baman, ada ratusan lato-lato yang disita pihak sekolah. Baman mengatakan, Disdikbud Kabupaten Indramayu akan membuat surat edaran resmi terkait lato-lato. Menurut dia, surat edaran larangan membawa lato-lato ke sekolah itu sebagai bentuk antisipasi dampak negatif dari permainan lato-lato.

“Kita akan antisipasi untuk meminimalisir dampak negatif lato-lato,” ujar Baman.

Baman meng ungkap kan, dampak negatif permainan lato-lato diantaranya menimbulkan suara yang berisik, sehingga dapat mengganggu konsentrasi belajar di sekolah.

Selain itu, saat lato-lato dimainkan dengan kecepatan tinggi, dikhawatirkan dapat membahayakan. Seperti bolanya terlepas dan mengenai tubuh siswa atau merusak lingkungan sekolah.

 “Surat edarannya kita segerakan, I nsyaallah pekan ini   sudah siap ,” kata Baman.

 

Kategori :