Bertekad Bangkitkan Kembali Kejayaan Bordir Sukawera

Senin 10-10-2022,11:00 WIB
Reporter : Anang Syahroni
Editor : Leni indarti hasyim

Radarindramayu.id, KERTASEMAYA- Pemerintah desa (Pemdes) Sukawera Kecamatan Kertasemaya terus berupaya menggali potensi desa produk unggulan desa.

Hal itu dilakukan agar produk-produk unggulan desa setempat dapat berkembang dan bisa lebih dikenal pasar yang lebih luas.

Saat ini, Pemdes Sukawera tengah berupaya mengembangkan produk-produk yang ada di tengah-tengah masyarakat menjadi produk unggulan desa.

Kuwu Sukawera Suwanto mengatakan, terus mendorong agar produk home industri bordir warga Sukawera bisa bersaing dengan usaha bordir dari luar desa.

BACA JUGA:DPC IWAPI Indramayu Sukses Helat Dermayon Fashion Show Street

Saat ini, menurut Suwanto, di Sukawera terdapat 40 warga yang menjalankan usaha bordir, namun skala rumahan dan hanya menerima pesanan dari konsumen dalam dan luar daerah.

“Agar produk bordir bisa terus eksis, kami pemdes mengadakan program peningkatan kapasitas perajin, dan juga mengadakan pelatihan bordir bersama Dinas Ketenaga Kerjaan,” ujarnya.

Dengan keberadaan masyarakat menjadi perajin bordir, lanjut Suwanto, Pemdes Sukawera menjadikan kerajinan bordir salah satu produk unggulan desa yang terus dikembangkan oleh pemerintah desa.

Dikatakannya, pemerintah desa bekerjasama dengan berbagai instasi mengadakan kegiatan-kegiatan pelatihan keterampilan bordir.

BACA JUGA:Keren, Mahasiswa AMIK Purnama Niaga Indramayu Tampilkan Tarian Multimedia Perjuangan Nyi Endang Dharma Ayu

“Kami mendorong program pemberdayaan sehingga kerajinan bordir Sukawera bisa terus tumbuh dan berkembang baik, dan ada regenerasi perajin bordir, apalagi sukawera dikenal sebagai sentra bordir di Kabupaten Indramayu, langsung buatan tangan,” ujarnya.

Suwanto berharap, pemerintah Indramayu bisa terus mendukung produk bordir warga, agar lebih luas dikenal warga luar daerah dan menjadi salah satu produk unggulan dari Kabupaten Indramayu.

BACA JUGA:Jadwal Pelayanan SIM Keliling Sepakan. Hari Ini Ada di Pasar Patrol

Kategori :