Pemantauan Hilal di Pantai Baro Gebang Tidak Terlihat

Minggu 01-05-2022,18:32 WIB
Reporter : Deny Hamdani
Editor : Yuda Sanjaya

 

CIREBON - Hilal tidak terlihat dalam pemantauan di Pantai Baro Gebang, Kabupaten Cirebon, Minggu, 1, Mei 2022. Kendati demikian, di daerah lain terlihat.

 

Ketua Badan Hisab Rukyat Daerah (BHRD) Kabupaten Cirebon, DR KH Samsudin MAg menjelaskan, pada pemantauan di Pantai Baro Gebang, hilal memang tidak terlihat.

 

Kendati demikian, berbeda dengan pemantauan hilal di Pantai Baro Gebang, di sejumlah daerah lain seperti Gresik, Lamongan dan Kupang, sudah terlihat.

 

"Di Pantai Baro Gebang ini memang posisi agak sulit. Baru tahun 2015 terlihat. Tapi di daerah lain sudah terlihat," kata Samsudin, kepada radarcirebon.com.

BACA JUGA:Airlangga: Buruh Instrumen Penting Penggerak Ekonomi Nasional

 

"Di sini memang belum terlihat, tapi kami dapat informasi di daerah lain, NTB, Jawa Timur sudah terlihat," tuturnya.

 

"Walaupun di sini tidak terlihat, tapi sudah sah kalau di daerah lain ada yang melihat. Insya Allah Lebaran besok," imbuhnya.

 

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri 1443 Hijriah. Jokowi bersama Iriana mengucapkan memohon maaf lahir dan batin.

BACA JUGA:Pembunuhan Babinsa di Papua, Pelaku Ditangkap, Sempat Didor karena Mau Kabur

 

"Dengan segala kerendahan hati, saya sekeluarga mengucapkan selamat Idul Fitri 1443 Hijriah. Mohon maaf lahir dan batin," ujar Presiden Jokowi sebagaimana ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (1/5/2022).

 

"Saya juga mengucapkan selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin," ucap Ibu Iriana.

 

Kepala Negara juga bersyukur bahwa pada momen Lebaran tahun ini masyarakat sudah diperbolehkan mudik sehingga dapat berkumpul dengan keluarga di kampung halaman.

 

“Alhamdulillah, Lebaran tahun ini kita sudah dapat berkumpul dengan keluarga. Bertemu orang tua, sanak saudara, dan juga kerabat di kampung halaman,” ungkapnya. (yud/den) 

BACA JUGA:Rektor ITK Sebut Jilbab Penutup Kepala Manusia Gurun, Begini Isi Tulisannya

 

Kategori :