Seru, Pemilihan Ketua Osis SMP Nurul Halim Secara Demokratis

Seru, Pemilihan Ketua Osis SMP Nurul Halim Secara Demokratis

DEMOKRATIS: Para siswa SMP Nurul Halim Widasari sedang memberikan hak suaranya saat Pemilihan Ketua Osis, kemarin.-Anang Syahroni-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.COM – Seru inilah yang tergambar saat prosesi pemilihan ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Nurul Halim Widasari. Sebanyak 430 pemilih mulai dari siswa, guru, sampai tenaga kependidikan SMP Nurul Halim memberikan hak suaranya untuk memilih calon ketua Osis.

Kepala SMP Nurul Halim, Agus Salim SPd  mengatakan pemilihan ketua osis merupakan agenda tahunan, yang mana para siswa bisa memilih secara langsung calon ketua osis mereka. Melalui proses pemilihan yang secara langsung, demokratis seperti halnya pemilihan umum (Pemilu) mereka bisa memilih siapa calon ketua osis yang dapat menjalankan program-program Osis.

Disampaikan Agus pemilihan ketua osis yang diadakan secara tak langsung mengajarkan kepada para siswa tentang sistem demokrasi yang dianut negara Indonesia. Sehingga para siswa paham terkait sistem demokrasi yang selalu dipraktikan dalam proses pemilihan umum yang dilaksanakan setiap 5 tahun sekali.

"Selamat untuk calon ketua Osis yang terpilih semoga dapat menjalankan tugasnya sebagai ketua Osis," ujarnya.

BACA JUGA:Percepat Bangun Tol Indrajati, Ada Tiga Alternatif Pintu Exit Tol

BACA JUGA:Ingin Bibir Cerah dan Sehat? Inilah Tips Praktis Perawatan Bibir dengan Masker Madu

Sementara itu, Waka Kesiswaan Wartoni SPd didampingi Pembina Osis Umi Saidah SE menuturkan dalam proses pemilihan osis, sebelum telah menjaring calon-calon ketua Osis, setelah dilakukan penjaringan dan pedaftaran para calon ketua melakukan sosialisasi program-program kerja kepada para siswa yang merupakan calon pemilih, sampai proses pemilihan.

"Ada 7 calon ketua Osis, untuk tahapan seperti tahapan pemilu saja, ada masa pendaftaran, nomor urut, masa kampanye, masa tenang, sampai proses pemilihan yang di desain seperti proses pemilihan umum ada bilik suara dan sebagainya," papar Wartoni.

Wartoni berharap melalui mekanisme pemilihan ketua Osis SMP Nurul Halim periode 2023/ 2024. Terpilih ketua Osis yang sesuai dengan harapan siswa, dan ketua bisa menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai ketua Osis karena dipilih oleh para siswa langsung. Kemudian untuk para siswa yang merupakan calon-calon pemilih mereka dapat memahami mekanisme pemilihan secara demokratis.

Apalagi merupakan  generasi milenial yang akan memberikan hak suaranya pada Pemilu yang akan datang. "Mereka bisa milih dengan baik, kriteria calon pemimpin bangsa dimasa yang akan datang, selamat untuk Susilo Setio Hartono terpilih sebagai ketua Osis, dan setelah terpilih bisa menyusun kepengurusan organisasi, dan bisa dengan baik menjalankan tugas-tugas sebagai pengurus Osis," tukasnya. (oni)

BACA JUGA:Dukung Masyarakat Sehat, Bupati Indramayu “Sawer” Mobil Siaga di Ulang Tahun Desa Pekandangan Jaya

BACA JUGA:Kirim Bantuan Kemanusiaan, Presiden Jokowi: Indonesia akan Terus Bersama Perjuangan Bangsa Palestina

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: