Kecam Parpol Usung Kader Luar, Para Mantan Kuwu Sepakat Dukung Cawabup Pribumi

Kecam Parpol Usung Kader Luar, Para Mantan Kuwu Sepakat Dukung Cawabup Pribumi

Para Mantan Kuwu sepakat mendukung calon wakil bupati dari pribumi-Utoyo Prie Achdi-Radar indramayu

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.IDPara mantan kuwu (kepala desa) yang ada di Kabupaten Indramayu kembali bersuara. Mereka menyatakan konsisten mendukung H Kasan Basari sebagai calon Wakil Bupati Indramayu penggantian antar waktu 2021-2026.

Para mantan kuwu yang tegabung dalam aliansi Kompakdesi mengadakan pertemuan di Balongan, Selasa 23 Mei 2023, untuk membahas persoalan calon Wakil Bupati Indramayu.

“Kami secara pribadi dan tidak mewakili organisasi telah sepakat mendorong anggota Kompakdesi, H Kasan Basari, sebagai pengganti Lucky Hakim yang mengundurkan diri,” kata mantan Kuwu Desa Gantar Kecamatan Gantar, Sajum Joni Haryanto, diamini mantan kuwu Sudimampir Lor Agus Sutisba, mantan kuwu Panyindangan Kulon Ridwan, mantan kuwu Rambatan Wetan Sartika, mantan kuwu Anjatan Utara Asmono, mantan kuwu Mangunjaya Maska Nurhasan, dan mantan kuwu Juntiweden, Waryono.

Sajum mengaku sangat kecewa ketika ada salah satu partai pengusung yang justru merekomendasikan kandidat cawabup dari luar Indramayu atau bukan orang pribumi. Menurutnya, itu tidak sesuai dengan keinginan para mantan kuwu.

BACA JUGA:Eksplorasi Pulau Sulawesi, Biker XMAX Buktikan Ketangguhan Motor dan Solidaritas Antar Rekan Komunitas

BACA JUGA:Haurgeulis Bidik Juara Lomba Desa Tahun 2023

Dikatakan Sajum, Wakil Bupati Indramayu haruslah orang yang tahu kultur orang Indramayu dan tahu kondisi Indramayu yang sebenarnya. Sehingga bisa berkolaborasi dengan bupati untuk sama-sama membangun Indramayu.

“Kalau ada partai pengusung yang tidak sesuai harapan para mantan kuwu, kami tidak akan mendukung partai tersebut,” tegas mantan kuwu Sudimampir Lor, Agus Sutisba.

Agus juga berharap kepada partai pengusung untuk bersikap realistis dalam menyikapi kondisi saat ini. Seperti diketahui, tiga partai pengusung pasangan Bupati Indramayu Nina Agustina dan Wabup Lucky Hakim adalah PDI Perjuangan, Partai Gerindra, dan Partai Nasdem.

Mantan Kuwu Rambatan Wetan, Sartika menambahkan, para mantan kuwu mendukung H Kasan Basari bukan tanpa alasan dan pertimbangan. Menurutnya, H Kasan Basari memang pernah menjabat Kuwu Desa Kenanga Kecamatan Sindang, jadi sangat wajar kalau para mantan kuwu mendukung beliau untuk duduk sebagai Wakil Bupati Indramayu.

BACA JUGA:Sampah Cemari Pesisir Pantura, Ancam Mata Pencaharian Nelayan

BACA JUGA:Komitmen Bangun Bisnis Berkelanjutan, Bank Mandiri Incar Rp5 Triliun dari Penerbitan Green Bond

Tapi lebih dari itu, ungkapnya, H Kasan Basari merupakan orang yang sudah berpengalaman. Baik pengalaman di lapangan maupun pengalaman di pemerintahan.

“Selain pernah jadi kuwu dan anggota DPRD Indramayu, beliau saat ini juga masih duduk sebagai anggota DPRD Jawa Barat. Jadi kemampuannya tidak perlu diragukan lagi. Apalagi beliau juga orang Indramayu asli, yang paham dengan karakter masyarakatnya,” tandas Sartika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: