Harga Tomat Terjun Bebas, Rp2000 Sekilo

Harga Tomat Terjun Bebas, Rp2000 Sekilo

PASOKAN MELIMPAH – Harga tomat dipasaran anjlok, dampak panen raya serentak disejumlah daerah penghasil tomat. Kini harganya dikisaran Rp2000/kg.--

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID - Harga tomat terjun bebas. Di pasaran hanya Rp2000 perkilogram. Keadaan ini terjadi akibat panen raya di sejumlah daerah. Dampaknya, stok tomat melimpah ruah. Harga pun menjadi murah.

Mita, salah seorang pedagang di Pasar Induk Sayuran Patrol mengatakan, penurunan harga tomat mulai terjadi sejak seminggu lalu.

Semula harganya masih dikisaran Rp5000/kg. Lantas mulai akhir pekan ini, harganya menukik tajam dikisaran Rp2000 sekilo.

“Sudah sejak sepekan terakhir ini anjlok. Yang sebelumnya Rp5 ribu, sekarang turun drastis. Satu kilogram hanya Rp2000,” sebutnya kepada Radar, Minggu (5/2).

BACA JUGA:Harga Beras Naik Terus, Bulan Ramadan Diprediksi Turun

Dari informasi yang diterimanya, rendahnya harga buah yang kaya kandungan air dengan sederet zat gizi penting untuk tubuh itu akibat panen raya di sejumlah daerah penghasil tomat. Seperti Majalengka, Garut, Bandung dan juga Kabupaten Indramayu.

“Panen tomatnya pada bareng. Jawa Tengah, Jawa Timur juga. Jadi wajar kalau harganya kemudian anjlok karena persediaan melimpah,” ungkapnya.

Iyan, pedagang lainnya menduga, panen raya terjadi karena petani tergiur harga tomat di tahun lalu di bulan yang sama. Saat itu harga tomat meroket. Terjadi lantaran mayoritas petani di daerah sentra atau penghasil tomat jarang yang menanamnya.

Harganya sempat menembus Rp15 ribu perkilogram. Normalnya harga tomat dibawah Rp10 ribu sekilo.

BACA JUGA:Kasus Pembacokan Terungkap, 5 Pelajar Jadi Tersangka

“Awal bulan Februari lalu, harga tomat tinggi karena jarang petani yang tanam. Pasokan minim, harganya melonjak. Sekarang justru sebaliknya,” kata dia. (kho)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: