Komitmen Bantu Kebutuhan Darah Pasien

Komitmen Bantu Kebutuhan Darah Pasien

KOMPAK: Para anggota dan relawan Komdas Kabupaten Indramayu berkomitmen membantu masyarakat terutama pasien yang membutuhkan darah.-Anang Syahroni-

Radarindramayu, INDRAMAYU- Komunitas Donor Sehat (Komdas) Kabupaten Indramayu berkomitmen untuk konsisten membantu pasien dalam kebutuhan darah.

Hal itu disampaikan Ketua Komdas Kabupaten Indramayu Endi Suhendi saat acara anniversary 1 tahun Komdas Kabupaten Indramayu, Minggu (29/5), di Objek Wisata Balongan Indramayu.

Disampaikan Endi, Komdas adalah wadah para relawan kemanusiaan yang ikhlas mendonorkan darahnya untuk pasien yang membutuhkan darah sebagai pendonor pengganti.

“Alhamdulillah, sejak awal berdiri pada 5 Mei 2021, Komdas Indramayu telah memiliki lebih dari 500 orang relawan pendonor pengganti yang berasal dari keluarga pasien dan relawan dari berbagai organisasi, komunitas, dan lembaga yang bersinergi dalam membantu pasien yang membutuhkan darah sesuai golongan yang dibutuhkan,” katanya.

BACA JUGA:Konvoi Khilafah di Cawang hingga Brebes, Respons Kemenag: Mengancam Kedaulatan Politik Negara

Diungkapkan Endi, Komdas Kabupaten Indramayu memiliki visi mempermudah pasien mendapatkan darah dengan biaya yang sesuai dengan standar nasional PMI dan menghindari praktek-praktek calo darah.

“Sementara misi Komdas, membantu pasien mendapatkan darah sesuai dengan golongan darah yang dibutuhkan. Menghindarkan pasien dari oknum atau calo darah pada saat membutuhkan darah,” tuturnya.

Selain itu, kata Endi, mengedukasi dan mensosialisasikan donor darah itu sehat, mensosialisasikan donor darah bersama Komdas dan merekrut orang-orang untuk menjadi pendonor relawan Komdas.

BACA JUGA:Dana Haji Kurang Rp1,5 Triliun, DPR Heran ke Menag Yaqut

“Melalui wadah Komdas ini, kami ingin  menciptakan para relawan pendonor pengganti yang diharapkan menjadi pendonor sukarela yang peduli dengan kebutuhan darah untuk pasien di rumah sakit yang membutuhkan darah, Komdas Indramayu selalu konsisten dalam membantu masyarakat yang membutuhkan darah,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia H Taryadi AMKSH MMKes mengatakan, pada anniversary 1 tahun Komdas Kabupaten Indramayu dikemas dalam bentuk temu akbar bagi para relawan Komdas Indramayu dengan para keluarga pasien dengan mematuhi protokol kesehatan.

Melalui temu akbar ini, lanjut Taryadi, menjadi ajang silahturahmi antar relawan Komdas dan keluarga pasien, sebagai refleksi dan evaluasi perjalanan satu tahun Komdas Kabupaten Indramayu dalam berkiprah.

“Keluarga pasien yang pernah ditolong Komdas dalam pemenuhan kebutuhan darah hadir, dan memberikan kesaksian, kami juga adakan bakti sosial suntunan sembako ke Yayasan Kasih Bunda Balongan, Panti Jompo, plus ada doorprize bagi peserta yang bisa menjawab pertanyaan dari panitia,” ujarnya.

Taryadi menambahkan, anniversary 1 tahun Komdas Kabupaten Indramayu sebagai ajang sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang penting donor darah bagi kesehatan, sebagai media informasi bagi masyarakat tentang keberadaan Komdas yang siap membantu pasien mendapatkan darah sesuai dengan golongan darah yang dibutuhkan.

BACA JUGA:Momen Fia Barlanti Cuek dan Palingkan Muka di Sebelah H Sondani, Tapi Tetap Mesra

“Kemudian ulang tahun ini sebagai sarana merekrut orang-orang untuk menjadi pendonor relawan Komdas sehingga menciptakan relawan pendonor pengganti yang diharapkan menjadi pendonor sukarela,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Taryadi juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut berpartisipasi dalam acara anniversary 1 tahun Komdas Indramayu sehingga bisa berjalan lancar dan sukses.

“Kami relawan akan terus berupaya sebaik dan maksimal mungkin membantu masyarakat di Kabupaten Indramayu terutama yang tentunya sesuai bidang Komdas,” tandasnya. (oni/adv)

BACA JUGA:25 Orang Terjaring Operasi, Diberikan Siraman Rohani di Polres Ciko

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: