Tanpa Sakit

Tanpa Sakit

--

IA DOKTER. Ia tidak mau jadi spesialis. Kakak adiknya, 4 orang, sudah menjadi dokter spesialis semua. Mereka pun mendesaknya agar ia sekolah lagi: untuk menjadi spesialis.

Dokter Agus Fahrudin Farid bergeming. "Untung saya tidak mau sekolah lagi," ujarnya bercanda. "Kalau saya jadi spesialis, saya tidak bisa bisnis seperti sekarang," tambahnya.

Agus memilih tetap jadi dokter umum saja. Tapi bisa berbisnis. Yang penting akhirnya tidak kalah sukses dengan saudara-saudaranya. Kini dr Agus memiliki 5 rumah sakit. Bulan lalu ia membeli rumah sakit yang ke-5 itu. Terkenal sekali. Di Sidoarjo: RS Delta Surya. Dekat pintu tol.

Langkahnya di Delta Surya itu sekaligus sebagai pertanda sejarah. Yakni berakhirnya sejarah perkongsian bisnis antar dokter. Khususnya di bisnis rumah sakit. Di zaman masih menjadi wartawan di lapangan dulu, saya sering mendengar ini: sejumlah dokter bergabung mendirikan rumah sakit.

Saya mengikuti pembicaraan mereka ketika itu. Yakni pembicaraan kegelisahan: mengapa dokter selalu hanya diperalat oleh pemodal. Mereka pun "berontak". Ingin mandiri. Maka mereka mencari jalan agar dokter tidak hanya jadi "buruh".

Rumah sakit tanpa dokter bukanlah rumah sakit.  Kenapa bukan dokter sendiri yang jadi pemilik rumah sakit. Kesadaran itu begitu tinggi. Tapi mendirikan rumah sakit perlu modal besar. Tidak ada dokter yang mampu. Sendirian. Kala itu. Dicarilah jalan keluar: perkongsian. Antar dokter sendiri.

Dalam hal Delta Surya ada 18 dokter yang bergabung sebagai pemegang saham. Ditambah 4 pejabat tinggi setempat. Rupanya, hanya untuk menambah kelancaran perizinan.  Di zaman itu.

Model kerjasama seperti itu tidak hanya di Sidoarjo. Bahkan bisa jadi Sidoarjo bukan yang pertama. Sudah banyak di kota-kota lain. Di Bogor. Di Tuban. Dan mungkin juga di kota Anda. Zaman itu adalah musim semi dokter berkongsi untuk menjadi juragan di dunianya sendiri.

Musim semi pindah ke musim panas. Di negara-negara 4 musim, perpindahan musim semi ke musim panas terjadi dalam empat bulan. Musim semi perkongsian antar dokter lebih panjang. Lebih lima tahun. Tapi perubahan musim di perkongsian itu tidak hanya di udara, juga di cuaca. Cuaca di dalam hati. Hati mereka menjadi panas. Terutama karena bisnis ternyata punya hukumnya sendiri.

Mendiagnosis sakitnya rumah sakit ternyata tidak bisa dengan stetoskop. Kerukunan di masa bulan madu pun berubah menjadi cekcok. Di mana-mana. Ada yang sampai ke polisi. Ke jaksa. Ke pengadilan.
Perlu "dokter spesialis" yang sangat spesial untuk bisa menyehatkan RS Delta Surya. Yang sudah parah. Saling gugat. Di sinilah spesialisasi dokter umum seperti dr Agus diperlukan. Ia turun tangan. Ia membeli rumah sakit itu. Lebih dari Rp300 miliar.

Semua pemegang saham pun senang. Dapat harga baik. Dan yang penting tidak bertengkar lagi. Tidak makan hati lagi. Untungnya, dr Agus masih dokter. Lulusan Unair, 1990. Satu almamater dengan semua saudara kandungnya.
Di Bogor lain lagi.  "Dokter spesialis" yang  menyelamatkan RS milik para dokter di Bogor adalah Mayapada. Jadilah RS Bogor Medical Center, yang terkenal itu, milik konglomerat Datuk Tahir –menantu konglomerat Mochtar Riyadi.
Dalam hal membeli rumah sakit dr Agus ternyata telah benar-benar menjadi spesialis. Sebelum membeli Delta Surya (110 bed) ia sudah membeli dua rumah sakit lebih kecil. Yang satu juga dimiliki para dokter. Di kota Krian. RS Krian Husada. Satunya lagi dimiliki pengusaha di sisi barat Sidoarjo: RS Arofah Medika Sukodono –kini jadi RS Arofah Anwar Medika.

Anwar adalah nama kakek dr Agus. Sang kakek adalah kiai kampung di situ. Juga petani dengan sawah yang luas. Sedang ayah dr Agus seorang guru SD. Juga pemilik toko mracangan di rumahnya yang juga rumah sang kakek. Yakni rumah tepi sawah di desa Balongbendo, dekat Krian.

Belakangan sawah itu dilewati jalan baru. Lebar sekali: by pass Krian. Posisi sawah itu berubah drastis. Menjadi sangat strategis. Kini lebih hebat lagi. Tidak jauh dari ujung by pass itu ada mulut jalan tol baru: Mojokerto-Gresik/Lamongan. Yang di tengahnya lagi dibuat akses tambahan. Agar bisa terhubung dengan tol Surabaya-Jakarta yang melintas di bawahnya.

Kiai Anwar punya sawah 5 hektare di desanya itu. Sawah itulah yang berubah menjadi aset berharga: di pinggir by pass. Di situlah dr Agus membangun tempat praktik. Di dekat rumah kakeknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Berita Terkait