Mapag Sri, Pemdes Helat Sunatan Masal

Mapag Sri, Pemdes Helat Sunatan Masal

ANTUSIAS: Para orang tua dampingi anaknya saat sunatan masal yang diadakan Pemdes Tulungagung bertempat di aula kantor kuwu setempat, kemarin.-Anang Syahroni-

Radarindramayu, KERTASEMAYA- Memperingati Mapag Sri, Pemdes Tulungagung Kecamatan Kertasemaya menghelat sunatan masal, Selasa (17/5).

Acara yang Sebanyak 37 anak mengikuti sunatan masal yang digelar Pemdes Tulungagung, ini mendapat sambutan antusias dari para orang tua yang ikut serta mendampingi anak-anaknya saat mengantre giliran untuk disunat.

Kuwu Tulungagung Hj Hartinih mengatakan acara mapag sri telah menjadi rutinitas pemerintah desa setiap tahun, tetapi ditahun ini lebih meriah dibandingkan pelaksanaan adat desa dua tahun lalu yang diadakan secara sederhana.

"Dua tahun sejak wabah covid saja, diadakannya secara sederhana hanya doa bersama, tapi ditahun ini wabah covid juga mulai menurun dan boleh jadi ada bakti sosialnya berupa sunatan masal," kata dia.

BACA JUGA:Hj Hanifah Handayani Nahkodai DPC IWAPI Indramayu

BACA JUGA:PKB Daun Salam

Pada pelaksanaan mapag sri tahun ini, Pemdes Tulungagung tidak sebatas selenggarakan sunatan masal, dan pergelaran kesenian daerah yang akan dilaksanakan pada esok hari, tetapi ada kegiatan karnaval depok sebanyak 25 yang berkeliling desa.

"Acara dua hari sekarang dan besok, acara intinya besok ada pertunjukan seni daerah, alhamdulillah acara sunatan masal berjalan lancar," tuturnya.

Sementara itu, ketua BPD Tulungagung Kadiri mengatakan sebagai lembaga desa Ia sangat mengapresiasi langkah Pemdes yang mengagendakan sunatan masal pada penyelenggaraan mapag sri tahun ini. Hal itu menurutnya bisa membantu masyarakat desa yang membutuhkan bantuan untuk menyunan anak-anaknya. Selain pelestarian tradisi dan budaya lokal adat mapag sri agar tidak hilang.

"Alhamdulillah sudah beberapa lama vakum karena covid, bisa kembali adakan bakti sosial sunatan masal, semoga masyarakat terbantu dan adat mapag sri bisa terus lestari dan dikenal generasi muda," tuturnya. (oni)

BACA JUGA:Kinerjanya Bagus, PAW Ruyanto Bikin Kaget

BACA JUGA:Jangan Salah Pilih Biro Perjalanan Umrah dan Haji, PT Harum Bina Wisata Hadir di Indramayu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: